Monday, November 20, 2017

Cara Budidaya Udang Vaneme Dengan Cara Semi Intensif Memakai Pupuk Organik Yatop Di

Tips Budidaya Udang Vaneme Dengan Cara Tradisional Menggunakan Pupuk Organik Yatop

image_20170915_072557_5.jpg

1. Cara merawat udang vaname tidak terserang penyakit Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?


Sehat itu nomor satu, pertama yang wajib di sterilkan yakni media air terlebih dahulu. Tebarkan Pupuk 3 Liter/hektar ke area tambak dengan dicampur air, usahakan penaburan serata mungkin. Tujuannya agar air netral, seimbang, plangkton dan phyto plankton tumbuh secara cepat selain itu juga kondisi tanah didalam tambak cepat sekali berlumpur seperti tepung, dimana menyebabkan udang betah dan senang berada di dasar lumpur, maka nanti hasilnya udang akan tumbuh dengan cepat.


Usahakan ditiap 1 pekan sekali di tabur yatop 1 liter/hektar tujuannya adalah untuk tetap menjaga ekosistem di wilayah tambak, menjaga kesehatan udang lebih agresif, gesit dan jatah makannya bertambah 3 kali lipat. Penaburan yatop sebanyak 1 liter/hektar ditiap 1 pekan sekali adalah hal yang wajib, dikarenakan untuk mencegah situasi kondisi alam ekstrem yang bisa berubah setiap saat. Kebutuhan pupuk yatop untuk 1 hektar berkisar 15 liter sampai masa panen. ( 3 bulan ).


2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya lambat ?


Udang cepat subur ditandai dengan kelihatan moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat namun jika udang susah moulting pasti ada sesuatu yang salah di dalam tambak. Masalahnya ini harus ditemukan. Namun untuk mencari faktor penyebabnya itu yang susah bahkan petani malas untuk meneliti. Rata-rata pembudidaya di Indonesia ingin instan. Penyebab udang tidak moulting karena kulit udang mengeras. Solusinya yakni Taburkan pupuk yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak pupuk yatop di tabur ke tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat yatop itu sedikit perih kalau kena luka, perihnya itu hanya dalam hitungan detik atau menit, apabila terkena kulit udang maka hasilnya udang akan lebih cepat berganti kulit. Biasanya udang akan ganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih bisa diselamatkan ?



Udang bisa stress dikarenakan banyak factor, misalkan adalah kondisi di area tambak terlalu dingin, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Yatop adalah pupuk yang didalamnya terkandung banyak sekali protein tinggi. Ciri-cirinya adalah kalau tutup botol sedikit di buka lalu ditutup kembali maka proteinnya akan muncul ke atas berwarna keputih-putihan. Jika udang stress/teller dan sering naik ke permukaan maka solusinya dengan cara taburkan Yatop sebanyak 3 liter/hektar lalu tunggu sebentar 1 sampai 3 jam, apakah udang kembali turun ke dasar atau tidak. Apabila masih belum turun maka taburkan kembali pupuk yatop sebanyak 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tabur maka semakin cepat udang turun ke dasar dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan sudah pulih dengan yatop maka lakukan penaburan pupuk yaotp sebanyak 1 liter/hektar secara rutin setiap 1 minggu sekali. Jangan lewat satu minggu karena akan menyebabkan udang stress kembali.


4. Bagaimana tambak yang sudah kurang produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih dapat diperbaiki, caranya yakni harus dikembalikan ke alam. Pakai kotoran sapi, karena di dalam lument sapi banyak mikroba yg bermanfaat buat tanah dan bisa bertahan hingga 3 bulan lamanya. Resep pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi selama 1 minggu, tiap hari di aduk selama kira-kira 5 menit. Setelah 1 minggu tebarkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan hingga 5 hari setelah timbul lumut sutera lalu isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi



Kelebihan Pupuk Yatop Buat Udang Vaneme

Menurut pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki sifat yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Tanah Air. Kelebihannya adalah sebagai berikut :


1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu berkisar 3 jam. Caranya : Masukan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan juga pupuk yatop. Air payau yang terasa asin berubah menjadi netral selama kurun waktu 3 jam, dan garamnya akan turun ke dasar gelas. Lama-lama air tadi berasa seperti manis jambu air.


2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Didalam Air

Air yang tercemar oleh limbah pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang sudah tercemar dalam 3 hari akan berubah warnanya. Maka dari itu saya memberikan saran sebelum udang dimasukan ke area tambak sebaiknya ditabur pupuk yatop dulu jika sudah 3 hari baru masukan benih udang.


3. Ph Air Dan Ph Tanah Akan Seimbang

Setelah air & tanah di tabur yatop maka selama 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal tersebut telah dibuktikan dengan melakukan uji coba kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH sudah seimbang maka udang pun akan bertumbuh dengan subur.


4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi yatop maka kondisi lumpurnya akan berubah menjadi lebih halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena pupuk merupakan sumber makanan bagi bakteri.


5. Lumut Sutera Akan Tumbuh

Tambak yang di tabur dengan pupuk yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari hingga 1 minggu. Lumut sutera bagus sebagai sumber makanan udang.


6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya bisa diobati dalam kurun waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung yatop maka udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat sembuh.


7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang sudah di berikan pupuk yatop dalam waktu 3 hari akan terlihat hewan plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.


8. Udang Stress Normal Kembali

Apabila melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas air maka udang itu hidupnya tak akan bertahan, besok atau lusa udang akan mati. Apabila melihat peristiwa seperti itu maka solusi tepatnya Taburkan Pupuk yatop 3 liter perhektar, dalam waktu 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur yatop akan lebih gesit/lincah.


9. Daging Udang Bebas Residu 

Udang yang telah memakai yatop pada saat dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang cerah, daging kenyal, dan rasa gurih.


Umtuk Konsultasi Dan pemesanan bisa langusng ke Umar yatop Di no 085286231111 dan dapatkan updatenya di Budidaya udang

bakso mas asep

Popular Post

bakso mas asep
 
Back To Top